Cara pengawetan Cabai

Ini sedikit tips untuk ibu-ibu rumah tangga yang binggung untuk mengawetkan cabai, apalagi belum digunakan memasak sudah membusuk ,semoga tips-tips berikut ini bermanfaat ,antara lain :
  1.  Mengolahnya menjadi cabai kering Cabai . Cabai kering ini akan awet sekali ,bahkan hingga penyimpanan dalam beberapa tahun, cabai ini tetap bisa digunakan. Cara pengolahannya pun  mudah. Cuci bersih cabai, tiriskan, lalu kukus hingga matang. Setelah itu tempatkan pada tampah dan jemurlah di bawah sinar matahari. Perlu penjemuran ulang untuk mencapai tingkat kekeringan yang maksimal. Setelah benar-benar kering simpanlah pada sebuah wadah. Bisa dimasukan kedalam toples, ataupun memasukannya ke dalam plastik dan menyimpannya di kulkas. Rebus cabai terlebih dahulu, sebelum mengolahnya menjadi sambal. Hal ini bertujuan untuk mengembalikan cabai ke suhu normal sehingga tidak merusak cita rasanya.    
  2. Mengawetkannya pada freezer .Namun jika ingin cabai bisa bertahan lama, bahkan tahunan, sebaiknya bersihkan cabai lalu simpan pada freezer. Hindari pencairan dengan merendamnya di air. Sebaiknya keluarkan saja cabai di tempat terbuka dan biarkan Ia beradaptasi pada suhu ruang. Setelah itu gunakan cabai seperti pada keadaan normal agar citarasa cabai tidak berubah.     
  3. Membuatnya menjadi sambal giling Sambal. Namun sebenarnya sambal jenis ini bisa juga dipakai dalam banyak keperluan rumah. Bisa dipadukan saat makan gorengan, dengan menambahkan pelengkap seperti cuka, kecap manis dan kecap asin. Mencampurkannya pada sup, soto, mie dan bakso juga bisa.. Juga dapat digunakan sebagai  bumbu dasar masakan, seperti nasi goreng, tumisan. Cabai giling ini bisa bertahan hingga beberapa bulan ke depan. Cara membuatnya pun sangat-sangat  mudah. Bersihkan cabai lalu blender dengan menambahkan sedikit air dan garam secukupnya lalu simpanlah pada toples dan masukkan ke kulkas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MEMBUAT HIASAN DARI AWETAN BURUNG

Cara Mengawetkan Daun dengan Alkohol untuk hiasan

Cara Mengawetkan Insektarium